Wakatobi

Posted: Maret 29, 2010 in Uncategorized

Wakatobi terletak di sulawesi tenggara yang terdiri dari 4 pulau besar yaitu, P. Wangi-wangi (wanci), P. Keledupa, P. Tomia, P. Binongko. Keindahan bawah laut wakatobi sangat memikat dunia karena 90 % kehidupan bawah laut seperti terumbu karang,plankton,biota2 laut dan lain-lain ada di wakatobi. Wakatobi diapit oleh 2 laut dalam yaitu laut banda dan laut flores, ini menjadi pertemuan 2 arus laut dalam yg notabene menurut para ahli perikanan dan kelautan merupakan tempat yg ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan biota laut yg disebabkan oleh pertemuan 2 arus laut dalam tersebut sehingga menyebabkan perputaran arus dari permukaan ke bawah…

22 maret 2010
Berangkat dari jakarta menuju kendari naik pesawat lion air jam 17.25 nyampe kendari kira-kira jam 21.55 (transit di makasar) langsung menuju hotel metro dikendari ( rate nya 125 rb / mlm + sarapan pagi)…mandi trus ke lobi buat cari makanan…ehh ternyata disebelah hotel banyak tukang jajanan…kenyang…balik ke hotel,tidur karena besok pagi harus ke palabuhan kendari…

23 maret 2010
bangun pagi langsung sarapan…check out hotel menuju pelabuhan kendari, dari hotel kira2 30 mnt…nyampe di pelabuhan kendari langsung beli tiket kapal cepat sagori express ( ekonomi 100 rb,eksekutif 175 rb), tentu gw pilih yg ekonomi (maklum jalan ala kere ). kapal sagori express itu kapal fiber bukan kapal kayu, jadwal keberangaktan nya jam 07.00 pagi sama 13.00 siang…ane ngambil yg siang, selama perjalanan kapal sagori melewati teluk kendari, teluk cempeda, pulau buton, selat buton, baru sampe di pelabuhan raha kabupaten raha. FYI, P. cempeda terkenal dengan ombaknya yg besar sehingga jika melalui pulau itu siap-siap goyang patah2 aja, ombak nya gede banget…hati2 mabok laut aja…jam 16.25 transit di pelabuhan raha selama 10 mnt dan perjalanan di lanjutkan kembali menuju pelabuhan bau-bau. Tepat pukul 18.40 kapal tiba di pelabuhan bau-bau….saya trun dari kapal untuk mencari kapal lagi dan melanjutkan perjalanan ke wanci (wangi-wangi). Dari pelabuhan bau-bau menuju wanci naik kapal kayu UKI RAYA, jadwal keberangkatan jam 21.00 dan harga tiket nya 100 rb dengan fasilitas matras buat tidur serta teh anget. Setelah beli tiket kapal uki raya dan jam baru menunjukan jam 19.00, jadi ane jalan2 dulu deh di sekitar pelabuhan bau-bau trus makan seafood (mantab)…jam 20.30 balik ke kapal dan siap-siap mau berangkat tapi ternyata kapal nya berangkat jam 22.00 (arggggggg)….dengan sabar menunggu akhirnya kapal jalan juga,selama perjalanan menegangkan,seru,pokoknya asoy deh…tengah malem,ditengah laut digoyang-goyang sm ombak yang gede….Kapal bersender di pelabuhan wanci (wangi-wangi) jam 07.37.

24 maret 2010
setelah nyampe wanci….langsung cari tukang ojek trus minta dianter ke restoran yg ada kamar mandi nya ( ternyata ojek disana jauh – dekat rp 5000), abis mandi trus sarapan langsung menuju P. kaledupa. ada dua pilihan nyebrang ke P. kaledupa 1. naek kapal fiber yg langsing atau naek kapal kayu berbadan lebar dua-duanya sm harga tiketnya 25 rb tp yang suka adrenalin dan mau cepet disarankan naek kapal fiber yg super langsing atau yg mau goyangan patah2 nya agak tenang dan nyantai naek kapal kayu berbadan lebar. perjalanan ke kaledupa akan transit di 4 pelabuhan, tapi inget klo mau ke kaledupa harus trun di pabuhan transit kedua walau dr pelabuhan transit pertama lebih deket ke P.hoga tp disana gak ada kapal carteran yg menuju P.hoga….akhirnya nyampe juga ke P.kaledupa langsung cari kapal carteran buat menuju tujuan utama,P.hoga …dapet kapal kayu kecil yang bisa ngangkut orang sekitar 8-10 orang dengan harga 150 rb sampe P. hoga…kebetulan gw ber 6 sm 5 orang bule jerman , selepas tengah hari nyampe di P.hoga langsung cari penginapan. harga penginapan beragam dr yg paling murah sampe yg paling mahal (nnt ane jelasin di bawah aja)…sampe penginapan langsung bongkar barang dan ane langsung cari info buat penyewaan alat snorkling dan diving. hari pertama di P. hoga cuma snorkling aja karena badan masih cape buat diving. buat sewa alat snorkling per hari 50 rb….puas snorkling, saat nya menikmati sunset ….

25 maret 2010
hari kedua di P. hoga, bangun pagi…jalan2 dipantai sekalian pemanasan buat diving…siap-siap buat diving…hari ini gw jadwalin buat diving di 3 spot diving yg terkenal di sekitaran P. hoga, yaitu 1. Tanjung sombano 2. Pineke 3. Tanjung lintea…gk bisa berkata-kata gw…keren banget bawah laut wakatobi…pas diving, gk abis2nya gw nyebut kebesaranNya…setelah diving maen ke pantai onemombaa,keren abis pantainya…balik ke penginapan,packing, menuju P. tomia…berangkat ke tomia nyarter perahu 150 rb dan bermalam di tomia…

26 maret 2010

Di P.tomia, diving lagi…dengan site’s diving 1. karang panjang waha 2. table coral 3. roma beach…sepanjang jalan menuju sites diving banyak pemandangan yg indah…liat ikan2 pada loncat, bawaannya pengen ikut nyebur kelaut aja deh…setelah 3 sites kita datengin, guide nya ngajak night dive di tanjung katupa (wuihh…) dengan lantang gw bilang “brangkattttttttttt” trus bule2 nya pd bingung ngeliatin gw…karena kagak ngerti dan akhirnya gw jelasin klo kita mau night dive di tanjung katupa dan bule2 nya pada antusias (gile ini bule pd berani2 juga)…sblm menuju menuju tanjung katupa, kapal sewaan berenti dl di P.kecil entah nama nya apa…kita di suruh trun dan ternyata disana kita dibakarin ikan dulu sm abk kapalnya (makan di ikan bakar di pinggir pantai walau ikan nya bercampur sm pasir tp tetep aja rasa nya enak…laparrrrr)….abis makan lanjut ke tanjung katupa, langsung night dive…balik ke penginapan…capeeee…langsung tidurr….

27 maret 2010
packing balik ke wanci (wangi-wangi) buat naek kapal UKIraya menuju bau-bau…dari bau-bau naek kapal sagori express lagi menuju kendari…

28 maret 2010
kembali check in di hotel metro…keluar malem cari makanan abis itu mampir ke warnet…pulang ke hotel …tidur karena besok penerbangan pagi menuju jakarta.

29 maret 2010
check out sampe lupa sarapan sm mandi karena agak telat, untung gak telat beneran…msh ke kejar pesawat nya. naik lion air 07.00 dr kendari nyampe jakarta 11.05…langsung pulang tp nganter bule2 dulu ke planet holliwod buat naek travel menuju bandung…

*** akses ke wakatobi

lion air penerbangan sore ( harga tiket 649.800 ) jakarta – kendari transit di makasar.

lion air penerbangan pagi ( harga tiket 699.300 ) kendari-jakarta (direct)

dari kendari ke wakatobi (wanci/wangi-wangi)

1.Pesawat langsung Kendari-Wanci, oleh

Susi Air, harga bervariasi antara 500-700rb, dengan waktu terbang
kurang dari 1 jam. Penerbangan 3kali seminggu (info tidak resmi), harus
pesan sangat awal, kontak Susi Air di Wanci 085243694492, di Kendari
04013131082.

2. espress air

kendari-wakatobi (rabu , kamis, sabtu jam 11.15)

wakatobi-kendari (rabu,kamis, sabtu jam 10.30 )

3.Kapal kayu langsung Kendari-Wanci, oleh KM Agil
setiap Selasa dan Sabtu, serta KM Aksar Syahputra setiap Senin
danKamis. Ongkos per orang 180rb, untuk kamar perlu menambah biaya
lagi. Berangkat setiap jam 9 pagi dengan lama pelayaran sekitar 12 jam,
tiba di Wanci jam 10 malam.

4. Kapal fiber cepat Kendiri-Baubau,
KM Sagori, berangkat setiap jam 7 pagi, dan 1 siang, lama pelayaran 6
jam, ongkos Rp 100rb(ekonomi) 175 rb eksekutif. Di sini, dapat mengelilingi Kota Baubau yang
terkenal dengan Kraton Buton terlebih dahulu, untuk kemudian
melanjutkan perjalanan dgn KM UKI RAYA,KM Agil atau Aksar pada pukul 9 malam dan
tiba di Wanci pukul 5 pagi, ongkos Rp 100rb.

**** penginapan

P. Hoga

paling murah 40 rb tanpa listrik…rumah panggung kecil cukup buat 2 orang
paling mahal 1 jt…cotagge 3 kamar + dpt makan 3 X sehari

P. Tomia

idem sm P. hoga

nb. view di penginapan keren aplg dpt yg menghadap laut.

**** jasa penyelaman di wakatobi

1. Padi ( kebanyakan yg nginep di wakatobi dive resort pake mereka buat sewa alat) alat nya bagus tp agak mahal karena ane orang indo dan bawa bule jd cm kena setengah harga 900 rb /day include boat dan asuransi dan dapet makan oia guide juga.

2. wallacea, agak lbh murah dr padi (kata orang sono) dan gak tau berapa harga pasti nya karena blm nyoba

3. Ibu Geertje…ini yg paling murah, pas di P. hoga ane nyewa sm dia…sewa alat diving 250 rb dan sewa kapal 500 rb / hari (0811460986 atau
> ke staffnya di 081524665350 )

Komentar
  1. Gerard Silooy mengatakan:

    Hallo,

    nama saya Gerard Silooy dan saya tinggal di negeri Belanda. Saya bermaksud mengunjungi kepulauan WAKATOBI. Tetapi resort yg ditemui oleh google harganya tinggi sekali. Dan sebab itu saya mencari seseorang yg barangkali dapat memberiku tip. Tip utk hotel yg agak murahan.

    APakah anda dapat menolongku dan memberi nama2 hotl yg ada di pulau WAKATOBI ?

    Sebelumnya saya mngucapkan beribu terima kasih utk kesediaan anda.

    Gerard Silooy
    Beverwijk, Nederland

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s